Blog update teknologi dan informasi.

Visi-Misi-Tujuan-Apa Arti Semua Itu?

Kita mendengar kata-kata tujuan, visi dan misi setiap hari, tetapi apa arti sebenarnya dan apa perbedaannya satu sama lain? Sangat mudah untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini selama berjam-jam. Perusahaan besar akan membayar konsultan puluhan ribu dolar untuk membantu mereka membuat pernyataan elegan untuk menghiasi dinding mereka dan memotivasi karyawan mereka. Banyak kali ini menjadi begitu overlay dengan jargon bisnis bahwa mereka akhirnya tidak banyak bicara sama sekali. Sebagai bisnis kecil, memilih kata yang tepat dan menerapkannya pada bisnis Anda dapat membantu organisasi dengan mendefinisikan peran kepemimpinan, menyatukan upaya, menetapkan tujuan departemen dan seluruh perusahaan, melayani pelanggan dengan lebih baik, serta mendorong dan memotivasi karyawan. Namun, tujuan yang lebih besar dari mendefinisikan kata-kata ini dan menerapkan artinya adalah untuk menerangi strategi fokus Anda dan memastikan bahwa setiap orang yang berhubungan dengan perusahaan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang berbatasan dengan organisasi Anda dan untuk apa mereka dapat mengandalkan Anda. Beberapa kalimat yang dibuat dengan baik dapat menghemat banyak waktu dalam jangka panjang, dengan menjadi sangat jelas dalam menjawab – Untuk apa kita di sini?

Pertama, Anda harus bisa melihat visi Anda. Perusahaan seperti banyak hal di alam semesta kita mulai sebagai apa-apa selain sebuah ide dalam pikiran seseorang dan kemudian berubah menjadi kenyataan fisik. Untuk membuat orang lain secara aktif bekerja untuk menciptakan realitas fisik itu, mereka harus dapat melihat visinya; oleh karena itu, Anda harus bisa menyampaikannya. Visi bisnis adalah masa depan yang diinginkan. Ini dapat membantu membimbing semua orang yang menerima dan memahaminya. Visi bersama dapat menjadi alat yang hebat untuk membangun rasa memiliki dan komunitas. Sebuah visi bukanlah keinginan seorang CEO untuk menghasilkan satu miliar dolar. Sementara ide-ide CEO penting bagi masa depan perusahaan, tim manajemen dan pemain lain sama pentingnya karena berkaitan dengan komitmen pribadi terhadap bisnis. Jika karyawan tidak percaya pada perusahaan, mereka cenderung tidak memberikan upaya terbaik mereka. Pepatah lama, ‘Anda hanya sekuat mata rantai terlemah Anda’ bisa jadi sangat benar. Pertanyaan yang perlu Anda ajukan untuk membingkai visi Anda adalah, “Apa nilai yang kami tawarkan kepada pasar?” dan “Bagaimana kita akan menawarkannya dengan cara yang unik?” Tidak seperti tujuan perusahaan tetapi mirip dengan misinya, sebuah visi tidak memiliki tenggat waktu. Itu dapat berkembang dengan perusahaan dan dapat menjadi kabur atau tepat untuk memiliki dampak dan makna. Visi perusahaan adalah bagaimana ia melihat dirinya cocok dengan pasar secara luas. Pikirkan visi Anda sebagai “Saya memiliki pidato impian” untuk bisnis Anda.

Selanjutnya kita tentukan misi dan tujuannya. Terkadang misi dan tujuannya adalah hal yang sama, dan di lain waktu ada baiknya memisahkan keduanya. Pernyataan Misi perusahaan mendefinisikan mengapa organisasi Anda ada; tujuannya masuk ke dalam apa yang diharapkan untuk dicapai di masa depan dan bagaimana mereka cocok dengan kebaikan masyarakat dan dunia yang lebih besar. Misi Anda menjawab pertanyaan “Apa yang harus kita lakukan di sini?” Ini harus didefinisikan dengan baik, sehingga dapat memandu tindakan yang direncanakan bisnis Anda.

Tujuan perusahaan menjawab pertanyaan, “Mengapa misi dan visi kita penting?” Itu bisa termasuk memberi kembali kepada karyawan, manajemen, dan pemegang saham. Beberapa perusahaan mengatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk melayani semua pihak terkait mulai dari pekerja hingga klien dengan cara terbaik. Yang lain ada hanya untuk menghasilkan uang. Tidak ada tujuan yang benar atau salah. Hanya ada apa yang Anda putuskan untuk dilakukan oleh organisasi Anda. Kamus mengatakan bahwa tujuan adalah “hasil yang diantisipasi yang dimaksudkan atau yang memandu tindakan yang Anda rencanakan.” Hasil yang diantisipasi ini bisa berupa spiritual, praktis, atau lucu. Hal ini dapat kesehatan atau sadar lingkungan atau berorientasi kenyamanan. Ini adalah bagaimana Anda melihat organisasi Anda mengubah dunia, dengan cara kecil atau besar apa pun yang Anda inginkan.

Misalnya, misi perusahaan manufaktur suku cadang sepeda adalah membuat suku cadang sepeda dengan kualitas terbaik yang memungkinkan pelanggan memaksimalkan masa pakai sepeda mereka. Atau bisa juga menjadi produsen suku cadang sepeda terbesar di dunia atau menjadi merek pilihan bagi pelanggan yang sadar biaya atau menjadi vendor tepercaya dari toko rantai atletik terbesar. Tujuan mereka mungkin untuk membuat bagian yang kokoh dan aman untuk meningkatkan keselamatan sepeda, atau untuk membuat komunitas atau seluruh planet lebih sehat dengan mendorong bersepeda di luar ruangan sebagai bentuk latihan, atau untuk mendorong orang menggunakan sepeda sebagai transportasi daripada mobil. polusi. Anda dapat melihat bagaimana misi dan tujuan yang berbeda ini akan memandu perusahaan untuk beroperasi dengan cara yang berbeda.

Ketika Mark Walker memutuskan untuk mengubah merek bisnisnya J M Walker Group dengan pikiran untuk membangun entitas yang kokoh dan berharga untuk masa depan, yang dapat ia wariskan kepada anak-anaknya suatu hari nanti, ia ingin memastikan bahwa ia dibangun di atas fondasi yang kuat. Beliau memulai dengan mendefinisikan visi, misi dan tujuannya sebagai berikut:

Visi (Apa arti bisnis ini bagi saya): Untuk memberdayakan perusahaan dan individu mencapai potensi tertinggi mereka melalui konten pelatihan berkualitas tinggi

t dan pengiriman inspirasi.

Misi (Apa yang ingin kami capai): Menjadi penyedia pelatihan perdana bagi perusahaan besar dan menengah di Tenggara. Kami membantu bisnis menumbuhkan nilai dan keuntungan dengan melatih orang-orang mereka untuk menjadi luar biasa dalam menjual, melayani, berkomunikasi, dan mengelola waktu, dengan klien, pelanggan, dan kontak harian mereka. Kami senang ketika orang-orang memberi tahu kami bahwa mereka merasa seperti mereka sekarang menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri, dan melihat nilai besar dalam apa yang mereka lakukan untuk melayani pelanggan, klien, atau pasien mereka.

Tujuan (Apa arti bisnis saya bagi dunia): Tujuan J M Walker Group adalah untuk meninggalkan warisan dalam menghasilkan kehidupan yang luar biasa, menggunakan dan membagikan hadiah dan bakat kami untuk membantu bisnis dan individu sukses. Kami ingin membawa pandangan positif tentang Tuhan ke pasar kami dan untuk mencerminkan kasih-Nya yang khusus bagi orang-orang dalam semua yang kami lakukan.

Setelah Anda mendapatkan visi, misi, dan tujuan yang tepat di atas kertas, Anda dapat beralih ke menetapkan tujuan yang berarti untuk memajukan bisnis ke arah tersebut.

Penting bagi setiap organisasi untuk meluangkan waktu mencari tahu apa tujuan, visi, dan misi mereka sehingga semua pihak yang terlibat untuk memahaminya secara implisit. Sama halnya dalam organisasi sekolah, siswa yang akan mencalonkan menjadi ketua harus mempunyai visi misi yang bagus. Misalkan jika ingin mendaftar menjadi ketua osis, maka siswa tersebut harus mempunyai contoh visi misi ketua osis. Ini memastikan bahwa setiap orang bergerak ke arah yang sama, yang sangat penting untuk dapat tumbuh dengan cepat. Meluangkan waktu yang diperlukan untuk menilai ketiga kata ini sangat penting karena perusahaan harus menjadi mesin dengan banyak bagian yang berbeda, tetapi hanya satu pikiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *