Blog update teknologi dan informasi.

Apa itu Teknologi Kecerdasan Buatan? Berikut Pengertian Beserta Contohnya

Apa itu Teknologi Kecerdasan Buatan

Apa yang ada dipikiranmu jika mendengar kata teknologi kecerdasan buatan? Apakah pernah terlintas rasa takut jika pekerjaan utama manusia tergantikan oleh kecerdasan buatan?.

Apa itu Teknologi Kecerdasan Buatan
Apa itu Teknologi Kecerdasan Buatan

Artificial Intelegence atau yang biasa disebut dengan AI merupakan sebuah teknologi kecerdasan buatan yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia. Saat  ini hampir semua perangkat komputer atau teknologi modern sudah banyak menggunakan kecerdasan buatan.

Bagaimana jika eksistensi kecerdasan buatan semakin bekembang canggih ya, tentu sedikit banyaknya akan berpengaruh terhadap angka pengangguran. Mengapa demikian?, ya karena jika semua pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat oleh teknologi maka tenaga manusia semakin tersingkirkan.

Untuk kalian yang masih asing dengan AI, yuk intip apa sih kecerdasan buatan itu sendiri dan apa saja contohnya.

Pengertian Teknologi Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau AI adalah simulasi kecerdasan manusia yang dituangkan ke dalam sebuah mesin yang sudah diprogram agar bisa berpikir layaknya manusia.

Artinya, AI merupakan sebuah sistem dari komputer yang diprogram untuk melakukan pekerjaan, yang pada umumnya membutuhkan tenaga manusia atau kecerdasan manusia. Teknologi kecerdasan buatan ini dapat melakukan self correction atau mengoreksi diri sendiri, AI telah deprogram untuk terus belajar dari kesalahan yang pernah dilakukannya.

Contoh Teknologi Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau AI ini telah diterapkan untuk berbagai bidang seperti pendidikan, medis, industri, bisnis, mauapun untuk kehidupan sehari-hari. Adapun contoh dari teknologi ini antara lain:

  1. Asisten Virtual

Asisten Virtual seperti google assistant, siri, dapat kamu perintahkan untuk melakukan pekerjaan atau bisa kamu ajak berinteraksi maupun dapat melakukan perintah seperti memutar music, mengirim sebuah pesan, membuka aplikasi.

Melalui Asisten Virtual kamu dapat mencatat kapan ada janji atau acara sehinggga mengingatkanmu ketika waktu  acara akan datang.

  1. DeepFace Facebook

DeepFace merupakan salah satu teknologi kecerdasan buatan yang dimilki oleh facebook. Cara kerja teknologi ini adalah dengan mengenali wajah sesorang pada postingan foto dan kamu tdak perlu lagi menandai orang tersebut secara manual, karena AI yang akan melakukan. AI akan terus berlatih melaui perbaikan data sehingga akan lebih maksimal dan berkembang baik.

  1. Rekomendasi E-Commerce

Jika kamu berbelanja di E-Commerce pastinya menemui produk yang direkomendasikan.

Nah, tugas AI adalah membuat rekomendasi tersebut, dari data ketika kamu pernah melakukan pencarian atau pembelian maka AI akan melakukan mining data.

  1. Mobil Tanpa Pengemudi

Mobil tanpa pengemudi masih jarang ditemukan di Indonesia. Mobil ini bergerak menggunakan sensor sehingga tidak perlu disetir oleh manusia.

Untuk masa yang akan datang, mungkin mobil jenis ini akan banyak ditemukan di berbagai Negara termasuk Indonesia.

  1. Instant Heart Rate Pro

Merupakan sebuah aplikasi khusus kesehatan, namun bukan sembarang aplikasi. Jika mengalami keluhan, kamu dapat mengecek kondisi tubuh menggunakan aplikasi tanpa harus pergi ke dokter.

Cara penggunaanya adalah dengan meletakan jari telunjuk tepat diatas kamera, maka dapat mengetahui kondisi tubuh secara cepat, namun tetap saja dinilai kurang akurat jika dibanding pengecekan langsung yang dilakukan oleh dokter.

Teknologi kecerdasan buatan semakin berkembang dan terus melakukan perbaikan. Untuk itu, kita semua harus selalu meningkatkan kecerdasan pada diri sendiri supaya tidak tenggelam oleh kecerdasan buatan dari sebuah teknologi.

Terus update perkembangan yang ada dengan rajin-rajin menambah literasi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *