Blog update teknologi dan informasi.

Beradaptasi dengan Perubahan: 5 Keterampilan Hidup Penting

Orang yang adaptif mampu mengorganisasikan pikirannya dengan cara yang menghasilkan tindakan yang tepat dan positif. Kemampuan adaptif diperlukan karena perubahan terjadi pada individu dan keadaan mereka.

Perilaku adaptif adalah keterampilan yang bergantung pada usia yang memungkinkan kita untuk berhasil terlibat dalam aktivitas kehidupan sehari-hari sepanjang hidup kita. Kita juga dapat menganggap perilaku adaptif sebagai keterampilan yang memungkinkan kita menjadi fleksibel ketika perubahan terjadi dalam kehidupan atau karier pribadi kita.

Jika kita adaptif, kita akan bereaksi terhadap kejadian tak terduga atau tindakan tidak konstruktif dengan cara yang kreatif atau konstruktif. Seorang individu adaptif mampu memfokuskan kembali pikiran ke arah baru dan membuat pilihan berdasarkan hasil yang diinginkannya. Dia terbuka untuk berubah, mengetahui bahwa itu adalah rangkaian layar yang penting – bukan arah angin.

Pertimbangkan lima keterampilan hidup ini untuk menangani secara konstruktif keadaan yang berubah dalam kehidupan sehari-hari.

1. Berhenti dan berpikir untuk menghindari salah tafsir. Beri diri Anda waktu untuk menganalisis situasi secara menyeluruh. Lihat tindakan dan keadaan dari sudut dan perspektif yang berbeda untuk mendapatkan pemahaman yang akurat tentang apa yang telah terjadi. Jika ada orang yang terlibat, komunikasikan kekhawatiran Anda dan ajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi yang mungkin tidak terlihat. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat pilihan berdasarkan informasi.

2. Berpikir jangka panjang. Tanyakan pada diri sendiri “Bagaimana jika?” pertanyaan. Pikirkan tentang konsekuensi menghadapi situasi dengan berbagai cara. Tanyakan, “Apa yang akan saya hilangkan?” dan “Apa yang akan saya dapatkan?” “Bagaimana pilihan ini dapat memengaruhi keluarga, teman, diri sendiri, dan kesejahteraan saya di masa depan?”

3. Bersiaplah untuk perubahan dengan belajar terus menerus. Perubahan adalah hal yang konstan dalam kehidupan setiap orang. Keterampilan yang dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan akan berubah sepanjang semua tahap kehidupan. Kami akan terus membutuhkan pengetahuan yang diperbarui di bidang-bidang seperti perawatan diri, hubungan, pengasuhan anak, dan keuangan.

4. Lihat di bawah permukaan. Selamat datang tantangan. Setiap situasi yang menantang membawa kesempatan untuk tumbuh lebih bijaksana dan lebih terampil. Di suatu tempat, seseorang telah berhasil menangani situasi yang sama. Bahkan keadaan yang tampaknya paling menghancurkan membawa benih berkat baru di dalam diri mereka. Mereka yang mencari berkat-berkat ini pada akhirnya akan menemukannya.

5. Menjadi jelas tentang nilai-nilai Anda: prinsip-prinsip yang memandu tindakan Anda. Kemudian lihat kebutuhan Anda: hal-hal yang harus dipenuhi dengan cara yang tetap setia pada nilai-nilai Anda. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan ini: “Apakah reaksi saya merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pribadi dengan cara yang sehat, atau apakah itu solusi kreatif untuk beberapa masalah lain?” Kemudian tanyakan, “Apakah pilihan tindakan saya sesuai dengan nilai inti saya?”

Esensi adalah suatu hal yang penting dan menjadikan bermanfaat atau berguna bagi kehidupan, dalam hal ini adalah keterampilan dalam beradaptasi seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *