Blog update teknologi dan informasi.

5 Tips Penulisan Esai untuk Hasil Cepat

Berikut adalah lima tip cepat menulis esai yang dapat Anda gunakan segera untuk meningkatkan nilai esai dan makalah Anda.

Tip Penulisan Esai 1. Hindari Pengulangan Kata-Kata yang Sama Sebisa Mungkin

Pertimbangkan kalimat-kalimat ini:

“Gunakan Suara Aktif – Hindari Suara Pasif.”

Dan

“Gunakan Suara Aktif – Jangan Gunakan Suara Pasif.”

Versi mana yang lebih baik?

Yang pertama. Mengapa? Karena itu menghindari pengulangan kata “gunakan”. Tangkap pengulangan kecil ini dan cobalah menggantinya dengan sinonim, atau cukup tulis ulang kalimatnya untuk membuatnya beragam. Ini menunjukkan bahwa penulis memiliki selera gaya dan kelas. Cobalah, dan nilai Anda akan naik.

Kiat Penulisan Esai 2. Gunakan Contoh yang Jelas dan Berwarna

Apakah Anda ingin tulisan Anda menonjol di atas kerumunan? Mulailah menggunakan beberapa contoh spesifik dalam tulisan Anda. Sedikit sekali siswa yang melakukannya – sungguh luar biasa! Esai perguruan tinggi cenderung sangat umum. Bukti paling spesifik yang biasanya digunakan adalah beberapa statistik.

Alih-alih (atau sebagai tambahan) mendeskripsikan perilaku ribuan atau jutaan orang, ambil contoh hanya satu orang dan tuliskan. Gunakan beberapa warna; buat itu menjadi hidup; mendeskripsikan suara dan baunya. Percayalah, jika Anda melakukan hal itu dan tidak mengikuti saran yang saya berikan di sini, tulisan Anda akan sangat bermanfaat, dan, sekali lagi, begitu juga dengan IPK Anda.

Contoh akan membantu Anda meningkatkan volume DAN membuat esai dan makalah Anda lebih menarik dan menarik untuk dibaca.

Tip Menulis Esai 3. Jangan Gunakan Kutipan yang Terlalu Sering Digunakan

Saya tidak tahu apakah ini mengejutkan Anda atau tidak, tetapi terkadang sebanyak 70% dari makalah tertentu terdiri dari kutipan. Ayolah, dosenmu tidak bodoh. Dia bisa melihat dengan benar melalui upaya seperti itu untuk menutupi kurangnya hal-hal untuk dikatakan di balik pikiran orang lain. Anda cerdas dan berbakat. Anda memiliki hal-hal sendiri untuk dikatakan. Jadi, ucapkan mereka – dalam bahasa Anda sendiri. Kadang-kadang saya suka menghindari kutipan sama sekali – saya tidak selalu membutuhkannya. Ini juga berarti bahwa saya tidak perlu mencarinya di Internet, yang membutuhkan waktu dan tenaga.

Tip Penulisan Esai 4. Bersikaplah Tulus Kapanpun Anda Bisa

Jika Anda sama sekali peduli dengan subjek yang Anda tulis (yang tidak selalu terjadi), jujur ​​saja. Jangan takut dihakimi berdasarkan pernyataan politik atau sosial yang Anda buat. Anda mungkin tidak ingin menyinggung siapa pun, izinkan saya menjelaskannya. Tetapi jangan khawatir profesor Anda akan menurunkan nilai Anda hanya karena pendapat Anda berbeda dengan dia.

Pertama-tama, Anda mungkin bahkan tidak tahu apa yang sebenarnya dipikirkan profesor Anda tentang subjek tertentu. Kedua, kemungkinan besar, dia tidak peduli dengan pandangan politik atau lainnya. Dia seharusnya dan kemungkinan besar akan menilai esai Anda hanya berdasarkan prestasi akademisnya. Dan yang terpenting, jika Anda menulis apa yang benar-benar Anda rasakan, Anda akan lebih senang menulis esai, dan kualitasnya pasti lebih baik.

Tip Penulisan Esai 5. Bicaralah Dengan Profesor Anda

Bahkan sebelum menulis tugas esai pertama Anda, dekati profesor Anda di akhir kelas dan tanyakan tentang harapannya dari esai siswa. Beberapa pertanyaan untuk ditanyakan adalah:

Apa dua atau tiga hal terpenting dalam sebuah esai, menurut Anda?
Apakah Anda mengharuskan saya menulis pendahuluan dan kesimpulan?
Apa larangan terbesar yang bisa membuat nilai saya turun drastis?
Dan kemudian cukup dengarkan dan ikuti rekomendasi semampu Anda. Juga, menanyakan profesor Anda pertanyaan semacam ini menunjukkan kepadanya bahwa Anda peduli. Anda tidak bisa kalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *