Blog update teknologi dan informasi.

5 Kiat Menulis Esai untuk Meningkatkan Nilai Esai Anda Sekarang

Nilai Anda di perguruan tinggi sangat bergantung pada kualitas tulisan Anda. Instruktur Anda akan selalu menilai kualitas esai dan makalah Anda. Hanya ini yang mereka punya. Mereka tidak selalu mendapatkan kesan yang adil terhadap semua siswanya hanya karena tidak semua orang berpartisipasi di dalam kelas. Dan bahkan ketika Anda benar-benar berpartisipasi, Anda tidak selalu bersinar – saya tahu dari pengalaman saya sendiri.

Jadi, jika Anda membutuhkan dorongan cepat untuk nilai Anda serta pendapat profesor Anda tentang kemampuan intelektual Anda, berikut adalah 5 Tips Menulis Esai untuk IPK yang Lebih Tinggi:

Tip Penulisan Esai 1. Langsung ke Intinya sedini mungkin.

Jika Anda tahu persis apa tesis Anda (dan memang seharusnya), sajikan di kalimat pertama Anda. Jangan teruskan terus-menerus tentang betapa menariknya apa yang Anda katakan. Jangan menceritakan cerita yang tidak ada hubungannya dengan poin utama Anda. Sebaliknya, langsung saja ke intinya. Segera. Katakan saja. Semuanya akan baik-baik saja. Saya berjanji.

Tip Penulisan Esai 2. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Frasa Yang Ada dan Ada

Jika Anda belajar menulis esai ekspositori tanpa menggunakan frasa ini, kalimat Anda secara otomatis akan menjadi lebih elegan. Pertimbangkan perbedaannya:

“Ada banyak orang yang ingin menurunkan berat badan.”

“Banyak orang ingin menurunkan berat badan.”

Yang pertama lebih panjang; yang kedua – lebih pendek dan lebih elegan. Menggunakan There Is dan There Are menghadirkan masalah lain, tetapi saya akan mencurahkan seluruh artikel untuk topik ini dalam waktu terdekat.

Tip Penulisan Esai 3. Usahakan Tidak Menggunakan Kata-Kata Mewah

Gunakan hanya kata-kata yang Anda ketahui. Setiap kali Anda menulis sebuah kata yang maknanya tidak begitu jelas bagi Anda, Anda berisiko dianggap sebagai seorang pemula total dalam menulis. Ketika kata mewah yang baru saja Anda gunakan tidak berfungsi dengan baik dalam kalimat tertentu, profesor Anda akan memperhatikannya. Selain itu, dia akan mencurigai hal yang sama setiap kali dia menemukan kata mewah lain dalam esai Anda. Sekarang dia akan curiga dengan kosakata Anda, dan nilai Anda akan menurun (bersama dengan IPK Anda).

Tip Penulisan Esai 4. Tulis Kalimat Lebih Singkat, Kecuali Anda Tahu Secara Tepat Apa yang Anda Lakukan

Ini yang cepat. Ingatlah bahwa semakin panjang kalimat Anda, semakin tinggi kemungkinan terjadinya kesalahan. Sebagai aturan praktis, ketika kalimat Anda tampak agak di luar kendali, pisahkan menjadi dua. Tulislah dua yang pendek saja – lebih baik dibuat sederhana tetapi jelas daripada rumit dan tidak jelas.

Tip Penulisan Esai 5. Gunakan Suara Aktif – Hindari Kalimat Pasif

Inilah kalimat pasifnya:

“Burger keju dimakan oleh anak laki-laki.”

Ini suara aktifnya:

“Seorang anak laki-laki makan burger keju.”

Gunakan yang kedua.

Itu saja untuk saat ini. Kiat-kiat ini singkat tetapi kuat. Jika Anda menjadikannya milik Anda, mereka akan mengubah gaya menulis Anda menjadi lebih baik selamanya, meningkatkan IPK Anda secara instan.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *